Teknologi absensi mobile android semakin marak penggunaannya oleh perusahaan di Indonesia. Hal tersebut tentu seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat yang merubah dunia menjadi serba digital dan serba cepat. Selain itu adanya pandemi pada beberapa tahun silam juga ikut mendorong perkembangan Absensi Mobile Android untuk menjadi pilihan tepat perusahaan dalam mengelola absen para karyawan.
Kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat untuk pergi dan keluar rumah pada masa pandemi. Membuat perusahaan harus berputar otak, untuk perusahaan terus menjalankan bisnis meskipun karyawan harus bekerja dari rumah yang kita kenal istilah WFH (Work From Home) dan WFO (Work From Office). Dengan adanya WFH dan WFO ini tentunya absensi menjadi penting untuk perusahaan yang memiliki karyawan yang banyak dan bisnis harus tetap berjalan.
Penggunaan Absensi Mobile Android dalam perusahaan tentunya menjadikan inovasi baru, agar perusahaan terus bisa menjalankan bisnis dan pengelolaan karyawan menjadi semakin mudah, dengan menggunakan teknologi absen berbasis online.
Penggunaan absensi mobile atau aplikasi absen berbasis android dinilai lebih mudah dan lebih praktis bila membandingkannya dengan sistem manual. Dapat kita bayangkan, jika sebuah perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup besar seperti misalnya pabrik yang memiliki 1000 atau 2000 karyawan yang harus antri pada mesin fingerprint, tentu akan menyebabkan antrian yang cukup panjang. Apalagi jika masih menggunakan metode konvensional dengan kertas dan tanda tangan. Tentunya hal ini akan sangat membuang waktu dan efisiensi waktu kerja menjadi tidak optimal.
Meskipun penggunaanya secara online, Anda tidak perlu khawatir data yang terdapat pada sistem aplikasi absen berbasis android ini tidak akan bocor, ataupun tertukar. Sebab, setiap pengguna memiliki data diri berbeda dan untuk mengaksesnya memerlukan username dan password pribadi.
Mengenal Fitur dalam Absensi Mobile Android
Penggunaan mobile android dalam mengelola absensi karyawan tentu harus memiliki beragam fitur yang dapat menunjangnya sehingga penerapan absensi mobile android ini akan menjadi berfungsi baik dan memudahkan. Fitur apa saja yang harus ada?
1. Face Recognition
Penggunaan kamera untuk mendeteksi kesesuaian wajah menjadi fitur yang sangat penting untuk ada dalam aplikasi absensi mobile android ini. Kegunaannya fitur kamera adalah untuk melakukan verifikasi dalam proses absensi karyawan. Dengan fitur kamera ini memungkinkan sistem untuk membedakan masing- masing data karyawan berdasarkan wajar. Penggunaan fitur kamera ini tentunya dapat meminimalisir kecurangan data, karena data absen divalidasi menggunakan bentuk wajah sudah terdaftar, oleh karena itu sistem akan semakin akurat dalam merekam data sesuai dengan orang yang bersangkutan.
2. Fitur GPS Untuk Kebutuhan Dinas Kerja
Penggunaan GPS sudah tentu sangat bermanfaat pada jaman ini selain berfungsi untuk mengantar kita ke tempat tujuan dengan benar. Fungsi GPS ini juga berguna dan wajib ada dalam absensi online mobile berbasis android untuk melakukan pelacakan / tracking pada karwayan yang melakukan dinas kerja, kunjungan lapangan, survey dan sebagainya. Sehingga karyawan tidak lagi bisa curang dalam hal ini.
3. Absensi Lembur
Karyawan akan terbantu dengan adanya fitur ini. Dengan system yang akurat serta aktual membuat karyawan yang mendapat jatah lembur menjadi bisa melakukan absensi secara mandiri dan pencatatan waktu lembur akan menjadi akurat dan aktual. Masalah perhitungan lembur sering menjadi permasalahan dalam perhitungan secara manual, karena data bisa saja tidak akurat dan tidak aktual. Tentunya bila waktu lembur tidak terhitung dengan baik dan akurat pastinya karyawan akan sangat merugi atas waktu dan kinerjanya pada perusahaan.
4. Perizinan dan Cuti
Dengan menggunakan fitur perizinan dan cuti karyawan dapat lebih mudah dalam mengajukan permohonan izin/cuti kerja kepada manajemen perusahaan. Hal ini sangat memudahkan bagi karyawan dalam pengajuan permohonan, umumnya mereka sering merasa canggung dalam meminta izin/cuti, oleh karena itu fitur ini dapat memudahkan dan membatu karyawan yang canggung untuk meminta izin/cuti.
Melalui fitur ini pimpinan juga dengan mudah mengetahui, karyawan yang mengajukan izin/cuti dan pada bagian mana dia bekerja, sehingga mudah untuk menentukan penggantinya. Dalam fitur ini juga manajemen dan karyawan secara transparan dapat mengetahui perihal perhitungan izin dan sisa cuti karyawan.
5. Laporan Absensi
Laporan absensi karyawan akan menjadi lebih sesuai dan akurat, karena dengan absensi mobile ini menjadikan adanya transparansi absensi yang bisa dilihat oleh karyawan dan manajemen perusahaan. Data yang dihasilkan dari rekaman absensi online mobile android ini juga sangat akurat dan aktual, hal ini memungkinkan perhitungan gaji akan menjadi lebih mudah. Sehingga pihak akunting tidak perlu lagi merekap manual data absensi karyawan sebelum penggajian.
Dengan berbagai fitur yang ada pada absensi mobile android. Tentunya akan sangat membantu untuk perusahaan mengelola karyawan. Dengan itu manajemen perusahaan bisa fokus kepada hal lain yang lebih penting untuk kemajuan perusahaan. Dengan kecanggihan teknologi absensi mobile android pengelolaan karyawan akan menjadi semakin mudah, namun kita mesti tahu juga kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki absensi mobile android ini :
Kelebihan Dan kekurangan Pada Aplikasi Absensi Online Mobile Andoid
Tentunya semua teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya untuk menunjang aktifitas keseharian yang kita jalani. Terutama teknologi yang bersifat online yang terus berkembang. Berikut kelebihan dan kekurangan absensi mobile android?
Kelebihan Absensi Mobile Android
1. Keakuratan Data
Sistem absensi secara mobile ini sangat memungkinkan untuk pencatatan waktu kehadiran secara otomatis. Dengan akuratnya data yang tercatat tentunya akan membantu akunting untuk mempermudah proses penggajian karyawan.
Dengan bantuan sistem yang mencatat semua data secara akurat dan otomatis akan memperkecil adanya kesalahan manusia, jika proses input data masih dilakukan secara manual. Sehingga pasti akan ada yang dirugikan bila terjadi kesalahan.
2. Meningkatkan Produktifitas
Pencatatan kehadiran, dan rekapitulasi yang biasa dilakukan setiap bulan menjadi lebih mudah, dan menghemat waktu, kinerja karyawan menjadi optimal dan efisien. Karena pencatatan dan rekap sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem.
Dengan kemudahan ini dan semua telah dilakukan oleh sistem secara otomatis, karyawan bisa lebih fokus untuk mengerjakan lebih banyak perkerjaan lain. Dan tentunya produktivitas karyawan menjadi meningkat lebih tinggi.
3. Mudah Dikelola
Sistem absen mobile andoroid memungkinkan anda dapat melakukan berbagai kebutuhan dalam mengelola karyawan, seperti mengelola jadwal kerja, cuti, izin, dan memberikan penilaian, evaluasi kinerja, dan mengolah data rutin lainnya.
Hanya dengan beberapa tahapan, anda telah bisa menghasilkan laporan yang lengkap dan akurat untuk kebutuhan manajemen dan perusahaan dalam pengelolaan karyawan.
4. Fleksibel Tidak Terbatas
Sistem manajemen kehadiran dengan aplikasi absensi mobile android memungkinkan untuk perusahaan dapat melacak waktu kerja karyawan dengan mudah, karena bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja tentunya secara real time.
Karena anda hanya membutuhkan ponsel dan jaringan internet. Dengan penggunaan system ini. Data kehadiran maupun hasil kerja karyawan tetap tercatat dan terpantau dengan akurat sekalipun karyawan sedang berada di luar kantor/dinas.
5. Ramah Lingkungan ( Paperless)
Anggaran dari perusahaan akan terpangkas dengan penggunaan system ini, pasalnya perusahaan tidak perlu lagi menggunakan kertas yang cukup banyak setiap harinya hanya untuk mencatat semua data karyawan.
Karena dengan aplikasi absensi mobile android, memungkinkan segala kebutuhan pencatatan dapat dilakukan secara otomatis dan data – data tersebut tersimpan secara otomatis dalam database yang mudah untuk mengaksesnya kapan saja.
Kekurangan Absensi Mobile Android
1. Biaya Pengadaan Dan Pemeliharaan
Dalam pengadaan absen mobile android tentu biaya yang perusahaan harus keluarkan tidak lah sedikit pada tahap awal. Dan mungkin ada biaya pemeliharaan yang berkelanjutan.
Meskipun nilai biaya yang perusahaan lumayan besar namun tentunya tidak akan sebesar biaya yang dikeluarkan bila terus menggunakan sistem manual. Poin ini juga perlu anda pertimbangkan sebelum menentukan penggunaan absensi mobile android pada perusahaan.
2. Membutuhkan Pelatihan Karyawan
Manajemen perusahaan dan karyawan perlu untuk memberikan pelatihan dan mensosialisasikan, penggunaan absen mobile android. Agar penggunaanya sebagai alat pengelola karyawan dapat berfungsi dengan baik dan berjalan dengan efektif. Dan seluruh bagian perusahaan dapat mengaplikasikannya dengan mudah.
3. Masalah Privasi dan Keamanan Data
System keamanan merupakan bagian penting dalam absen mobile android ini. Data pribadi milik pengguna berpotensi bocor jika system keamanan aplikasi absensi mobile yang perusahaan kurang memadai. Apalagi tengah maraknya kejahatan cybercrime yang sering terjadi.
Untuk itu perlu mengetahui dan memilih absen mobile android yang memiliki system keamanan yang kuat, atau mungkin saja sekelas sistem keamanan perbankan.
Kesimpulannya penggunaan teknologi absensi mobile android sangat membantu perusahaan dalam hal pengelolaan karyawan. Penggunaannya yang mudah secara mobile menjadikan bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. Sehingga karyawan mudah dalam melakukan absensi.