Cara Absen Online dari Rumah dengan Aplikasi Adrena

Jun 25, 2023 | Tips

Selain muncul work from home (WFH), muncul juga istilah work from anywhere (WFA) atau bekerja dari manapun. Kedua sistim ini memiliki cara yang sama. Yaitu cara remote dimana karyawan harus melakukan absen secara online. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin melakukan WFH atau WFA, wajib mengetahui cara absen online dari rumah.

Istilah WFH dan WFO ada sejak pandemi covid19 melanda. Dimana semua kantor wajib mempekerjakan karyawan dari rumah untuk memutus rantai penyebaran covid19. Dan sekarang, saat pandemi sudah selesai, sistim WFA dan WFH ini masih saja digunakan oleh sebagian perusahaan.

Mengapa Harus Tahu Cara Absen Online Dari Rumah?

Mengetahui cara absen online dari rumah itu terkait dengan semakin maraknya tren WFA. WFA adalah sistim kerja dimana karyawan bisa bekerja dari mana saja. Bisa dari rumah, dari hotel, dari cafe, tempat wisata, mall, dan tempat lainnya.

Dengan mengetahui cara melakukan absen via daring, berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Kerja jadi Fleksibel

Salah satu kelebihan dari WFA adalah fleksibilitas yang baik. Karyawan bisa kerja di manapun dan kapanpun tanpa terikat dengan jam kerja dan kantor. Yang penting semua tugas selesai sesuai dengan deadline waktunya.

Tidak perlu absen di kantor. Cukup menggunakan aplikasi atau melakukannya via web. Fleksibilitas inilah yang membuat orang akan cenderung mencintai pekerjaannya. Karena mereka bebas menentukan ingin bekerja di mana dan kapan.

Tidak harus berkutat dengan kemacetan saat berangkat dan pulang kerja. Karyawan bebas menuangkan ide atau apapun untuk bisa mendapatkan hasil kerja terbaik.

Terutama untuk pekerja kreatif. Tentu akan memilih bekerja di tempat-tempat yang cukup kondusif untuk berkreasi. Seperti kafe, taman, perpustakaan, dan lain sebagainya. Sementara untuk absen cukup melakukannya secara online dan cepat.

2. Hemat Waktu dan Tenaga

Bayangkan jika setiap hari harus pergi subuh hanya untuk pergi ke kantor. Di jalan terjebak macet yang menguras tenaga dan energi. Sebagian besar waktu habis di jalan untuk pulang pergi ke kantor. Tentu ini bukanlah hal yang menyenangkan.

Dengan absen online, tidak perlu lagi berangkat ke kantor tiap pagi. Lebih hemat energi dan biaya tentunya.

Jika mengkalkulasi semua biaya transportasi dalam sebulan rata-rata cukup besar. Bisa sepertiga dari gaji bulanan. Hanya cukup tersambung ke internet untuk melakukan absen online, semua biaya itu hilang dengan sendirinya.

Beberapa perusahaan tetap akan meminta Anda untuk datang ke kantor untuk melakukan rapat, koordinasi dengan tim, dan lain sebagainya. Meski begitu Anda tetap dapat berhemat, karena tidak setiap hari kantor meminta ada untuk datang.

3. Memiliki Banyak Waktu Untuk Mengembangkan Skill

Rata-rata waktu yang diperlukan untuk pulang pergi ke kantor antara 4 hingga 6 jam per hari. Tentu ini bukan waktu yang singkat untuk terbuang begitu saja.

Dengan menggunakan absensi online bisa membantu Anda mengalihkan waktu perjalanan pulang pergi ke tempat kerja untuk mengembangkan skill. Atau melatih skill baru yang bisa menjadi nilai tambah nantinya.

4. Meminimalisir Konflik dengan Rekan Sekantor

Konflik di tempat kerja adalah masalah klasik dalam dunia kerja. Konflik yang positif memang akan memberi dampak yang positif pada kehidupan kantor. Tapi jika konflik tersebut negatif dan berkepanjangan serta semakin membesar tanpa penyelesaian yang pasti, justru akan memberi dampak negatif pada perusahaan itu sendiri.

Dengan absensi online, pertemuan dengan teman sekantor tidak akan terlalu. Hanya melalui telepon, video call, chatting, email, atau saluran komunikasi lainnya. Maka dapat meminimalisir gesekan.

Tantangan Menggunakan Absensi Online

Meski memberi banyak kelebihan, namun absensi secara daring juga memunculkan banyak tantangan. Berikut di antaranya:

  • Miskomunikasi

Tantangan pertama yang sering muncul adalah gangguan komunikasi. Meeting yang biasanya berjalan dengan tatap muka akan menjadi jarang.

Bahkan beberapa perusahaan yang membolehkan pegawainya WFA, hanya melakukan meeting menggunakan video call atau aplikasi meeting. Jika Anda tidak fokus, ini bisa menjadi kendala miskomunikasi antar karyawan.

  • Masih Ada Saja Pegawai yang Gaptek

Menggunakan absensi online memang memberi kemudahan. Namun tidak semua karyawan bisa menerima dengan mudah teknologi tersebut.

Ini menjadi tantangan tersendiri terutama bagi Anda yang tidak tahu cara absen online dari rumah. Cara mengatasinya, biasanya kantor akan memberikan training pada karyawannya untuk menggunakan aplikasi absensi online.

Bagi kantor yang mengharuskan karyawannya absen setiap hari untuk menilai kinerja, mau tidak mau setiap karyawan harus absen sesuai dengan jadwal yang telah mereka sepakati. Gaptek tidak bisa menjadi alasan.

  • Boros Biaya Internet dan Listrik

Bekerja dari rumah atau dari luar kantor membuat Anda menanggung konsekuensi tingginya biaya internet dan listrik. Karena Anda harus bekerja menggunakan laptop, gadget dan jaringan internet. Namun setinggi-tingginya biaya internet dan listrik, masih lebih hemat dibandingkan dengan biaya transportasi.

  • Manajemen Waktu yang Buruk

Tidak semua karyawan bisa mengatur waktu dengan baik. Ada sebagian karyawan yang memiliki manajemen waktu yang buruk. Penggunaan absensi online tidak serta-merta bisa memaksa karyawan untuk mulai bekerja.

Saat WFA, tidak adanya batasan waktu membuat karyawan yang tidak pandai mengatur waktu justru akan mengalami burnout. Hingga menyebabkan overworked.

Cara Absen Online dari Rumah Menggunakan Aplikasi Adrena

Untuk mempermudah absensi karyawan WFA ataupun WFH, perusahaan biasanya menggunakan aplikasi absensi online. Dan salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi Adrena.

Aplikasi Adrena merupakan aplikasi absensi online dan payroll. Hadir dengan fokus untuk mempermudah pengelolaan karyawan. Berikut beberapa cara absen online dari rumah dengan menggunakan aplikasi Adrena ini:

1. Buka Aplikasi Adrena

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka aplikasi Adrena. Ini bisa dilakukan setelah Anda mendownload dan menginstal aplikasi ini di smartphone. Setelah aplikasi terbuka, lakukan langkah selanjutnya.

2. Aktifkan Fitur Lokasi / GPS

Pindah ke bagian pengaturan smartphone. Anda harus mengaktifkan lokasi atau GPS untuk bisa melakukan absen online. Maka dari itu, aktifkan fitur lokasi atau GPS dari menu setting pada smartphone.

3. Mengisi Waktu Kehadiran

Anda bisa langsung menuju menu waktu kehadiran. Tekan klik jadwal check in, dan aplikasi secara otomatis akan mencari letak keberadaan Anda dengan menggunakan GPS. Setelah absensi berhasil, ada notifikasi terkait jam berapa Anda melakukan absen masuk kerja.

4. Mengisi Waktu Kepulangan

Tidak hanya waktu masuk jam kerja saja. Anda bisa harus mengetahui cara absen online dari rumah untuk kepulangan. Tinggal klik jadwal check out, dan aplikasi secara otomatis akan merekam waktu saat anda check out. Jika berhasil, maka aplikasi secara otomatis akan menyimpan data kepulangan Anda.

Kesimpulan

Munculnya absensi secara daring memberikan solusi bagi kontrol karyawan yang menggunakan sistim kerja Work From Anywhere (WFA) dan Work From Home (WFH).

Kedua jenis sistim kerja ini sebetulnya sama. Bedanya, WFA memungkinkan untuk bekerja dari mana saja. Tidak terpaku hanya melakukannya di rumah

Salah satu aplikasi yang bisa membantu memperlancar WFH dan WFA adalah aplikasi Adrena. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengontrol karyawan dari jarak jauh dengan sistim absensi dan payroll. Dan dengan mengetahui cara absen online dari rumah, karyawan bisa melakukan absensi datang dan pulang dengan mudah dan cepat.

Pin It on Pinterest

Share This