Definisi Human Capital dan Contoh Penerapannya di Bisnis

Okt 30, 2023 | Tips

Definisi dari Human Capital dan contoh penerapannya dalam sebuah bisnis tentu perlu dipahami. Mengingat ini merupakan hal penting yang ada dalam perusahaan. Human capital dapat meningkatkan produktivitas dan perkembangan perusahaan. Konsep dasar human capital adalah memandang sumber daya manusia, sebagai bagian dari aset perusahaan.

Untuk itu kita perlu memahami artinya dan mengenal contoh penerapannya dalam bisnis. Hanya saja, karena termasuk dalam jenis aset intangible, sehingga perusahaan tidak mencatatnya dalam laporan keuangan. Karena dipandang sebagai aset modal perusahaan.

Dalam pengertian secara umum yaitu menganggap manusia sebagai kunci utama suatu entitas. Sumber daya manusia selalu fokus pada perencanaan strategis untuk mengoptimalkan bakat dan keterampilan karyawan dalam implementasi strategi bisnis organisasi atau perusahaan. Namun secara rinci, human capital adalah kumpulan dari aspek pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan kemampuan yang menjadikan karyawan sebagai aset perusahaan. Kontribusi pekerja dalam hal ini dapat berupa pengembangan keterampilan karyawan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, mentransfer pengetahuan karyawan ke perusahaan, dan mengubah budaya perusahaan.

Secara lebih lanjut Human Capital merupakan berbagai macam cara yang dilakukan perusahaan untuk merekrut, mengelola, dan mengoptimalkan karyawan. Dalam upaya meningkatkan nilai karyawan di mata perusahaan, sehingga dengan perusahaan yang memiliki SDM yang berkualitas serta memiliki daya saing. Menjadikan perusahaan dapat bertumbuh dengan lebih cepat dan berkembang dengan lebih pesat.

Jenis Human Capital

Penerapan human capital dalam perusahaan umumnya terbagi menjadi beberapa jenis yang masing – masing sangat berpengaruh secara berkesinambungan untuk tujuan memajukan perusahaan dan meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih optimal. Berikut beberapa jenis human capital dan penerapannya dalam perusahaan:

1. General human capital

General human capital merupakan pengembangan sumber daya manusia di tingkatan level atas dalam suatu perusahaan. Penerapannya dilakukan pada tingkatan level manajemen eksekutif atau yang lebih tinggi. Tujuan penerapannya berfokus terhadap pengembangan kompetensi manajerial dalam kemampuan mengambil keputusan, keahlian fungsional, dan kepemimpinan.

General human capital sangat penting untuk perusahaan miliki dan kembangkan, karena dalam praktiknya para eksekutif harus mempunyai kemampuan berinteraksi dengan lebih optimal dengan para kolega bisnis ataupun investor dari perusahaan yang bersangkutan.

2. Strategic Human Capital

Strategic Human Capital merupakan keahlian yang di kembangkan melalui pengalaman seseorang dalam menghadapi situasi yang membutuhkan pemikiran strategic, dalam situasi atau kondisi tertentu yang di hadapi perusahaan. Umumnya kemampuan ini dikembangkan, untuk mengatur dan mengelola keuangan perihal pemotongan budget atau anggaran perusahaan untuk lebih efisien. Karena adanya kondisi keuangan perusahaan yang tak menguntungkan. Penerapan lain juga digunakan untuk mengembangkan cara pemasaran perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran yang tepat sasaran, dan efisien dalam memasarkan produk dan jasa yang merupakan bisnis perusahaan. Sehingga perusahaan dapat pemasukan dan keuntungan yang besar untuk mendorong pertumbuhan usaha.

3. Industri Human Capital

Industri Human Capital adalah merupakan pengembangan akan pengetahuan tentang dasar – dasar industri. Biasanya pengembangan ini meliputi permasalahan produksi, konteks teknis, supplier dan regulasi. Dengan pengembangan industri human capital, maka diharapkan suatu proses industri akan lebih bisa berjalan dengan baik. Sehingga target perusahaan dapat tercapai guna mendorong pertumbuhan usaha.

4. Relationship Human Capital

Kegiatan ini mendorong sumber daya manusia memiliki kecerdasan dalam berkomunikasi dan menciptakan interaksi yang baik dan efektif dengan orang lain. Dengan karyawan memiliki kemampuan komunikasi dan interaksi yang bagus membuat tugasnya akan menjadi lancar. Performa dan kinerja karyawan juga akan semakin meningkat, dan tentunya ini bernilai positif untuk perusahaan karena dengan kemampuan yang dimiliki, karyawan akan nyaman dalam lingkungan kerja, sehingga dapat terjadi komunikasi yang positif dalam menyamakan visi dan misi perusahaan. agar dapat tercapai pertumbuhan usaha yang semakin pesat.

5. Company Spesifik Human Capital

Company Spesifik Human Capital adalah merupakan pengembangan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan, yang berkaitan dengan budaya kerja, struktur budaya kerja, aturan dan kebijakan yang dimiliki perusahaan. Dalam hal ini karyawan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan ketentuan internal perusahaan. Penerapan ini dimaksudkan untuk menyamankan visi dan misi perusahaan untuk terus mengarah pada pertumbuhan dan kemajuan perusahaan sehingga akan berkembang pesat.

Penerapan Human Capital dan Contohnya dalam sebuah bisnis meliputi:

1. Recruitment

Penerapan Human Capital dalam perusahaan melalui rekrutmen. Rekrutmen yang dilakukan perusahaan haruslah sesuai dengan kandidat yang perusahaan butuhkan baik secara pengalaman, keilmuan, dan pengalaman. Hal ini berfungsi untuk memajukan perusahaan dan karyawan agar dapat memberikan dampak yang positif dan membuat perubahan dalam perusahaan. Selain itu karyawan juga bisa nyaman dan merasakan perusahaan tempat kerjanya merupakan perusahaan yang ideal untuknya.

2. Penilaian Kerja / Tanggung Jawab

Memberikan penilaian pada karyawan merupakan penerapan human capital. Dengan memberikan penilaian kepada karyawan membuat karyawan menjadi termotivasi untuk lebih meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja. Penilaian ini juga membantu agar bisa memberikan umpan balik terhadap perusahaan. Penilaian ini juga bisa dilakukan dengan berbagi ulasan dan survey.

Memberikan tanggung jawab kepada karyawan untuk menyelesaikan tugas secara cepat dan tepat waktu. Sehingga karyawan termotivasi untuk memiliki kinerja optimal, dalam setiap melakukan pekerjaan. Dengan melakukan penerapan ini secara terus  – menerus dan konsisten maka akan berdampak baik kepada perusahaan.

3. Pendidikan Dan Pelatihan

Memberikan bentuk pendidikan dan pelatihan kepada karyawan untuk memiliki skill dan pengetahuan baru. Dengan pendidikan dan pelatihan baru yang diberikan kepada karyawan, bertujuan agar karyawan memiliki inovasi dan pengembangan pekerjaan untuk menjadi semakin baik. Nantinya pengetahuan dan wawasan yang telah karyawan dapat dan kuasai dari pelatihan dan pendidikan, mampu untuk diterapkan dalam perusahaan.

4. Kesejahteraan Anggota

Aspek penting yang membuat karyawan akan loyal dan bersemangat dalam bekerja pada perusahaan adalah tentang kesejahteraan karyawan. Kesejahteraan karyawan tentunya bisa dengan menyesuaikan gaji mereka dengan skill dan kemampuan yang karyawan miliki. Penerapan kesejahteraan anggota dapat juga dengan memberikan berbagai bentuk bonus pada saat mereka melakukan pencapaian yang baik untuk bisnis perusahaan.

Dalam mengimplementasikan pada sebuah perusahaan membutuhkan proses perencanaan yang matang dan panjang. Komitmen perusahaan sangat dibutuhkan dalam menjalankan penerapannya secara tepat. Berikut beberapa faktor yang harus menjadi komitmen perusahaan adalah :

1. Miliki Visi Perusahaan Yang Terarah

Agar pencapaiannya dapat terlaksana dengan baik maka perusahaan mestinya memiliki visi dan misi yang jelas, selain itu perusahaan juga harus mampu mengukur dan memahami kondisi perusahaannya. Seperti mengetahui berapa anggaran yang mereka miliki, apa tujuan mereka, serta bagaimana sebenarnya harapan stakeholders terhadap perusahaan.

2. Menetapkan Tujuan Yang Jelas Dalam Mengelola Karyawan

Setelah perusahaan mengenali anggaran dan kondisi perusahaan. Maka akan mudah untuk menentukan bagaimana  menetapkan strategi dalam pengelolaan karyawan yang tepat dalam perusahaan. Contohnya lebih menggali karyawan- karyawan yang memiliki potensi. Dengan memberikan pelatihan dan pendidikan untuk tujuan pengembangan usaha dan inovasi dari perusahaan.

3. Buat Kebijakan Agar Mencapai Tujuan Dengan Lebih Cepat

Perusahaan bisa membuat kebijakan yang relevan untuk menciptakan loyalitas karyawan. Kepuasan karyawan terhadap perusahaan, dan kenyamanan karyawan dalam perusahaan. Sehingga mereka bisa optimal dalam bekerja dan mampu mengeluarkan potensi terbaik mereka untuk kemajuan perusahaan.

4. Buat Rencana Implementasi Untuk Perusahaan

Rencana implementasi adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk pengimplementasian human capital management di perusahaan anda. anda bisa melakukan:

  • Alokasi sumber daya manusia yang tepat sasaran
  • Penetapan waktu kapan rencana untuk mengimplementasikan nya.
  • Penetapan anggaran

Dengan melakukan penerapannya dalam perusahaan sehingga karyawan tentunya akan semakin berkembang dan memiliki kompetensi untuk bersaing. Maka dengan penerapan human capital yang tepat dan sesuai akan mendorong perusahaan untuk terus maju dan berkembang pesat.

Pin It on Pinterest

Share This